IGNATIAN FORMATION FOR PARENTS (IFFP)

Orang tua adalah pendidik pertama dan utama, dan menjadi salah satu pilar pendidikan. Komunikasi dan kerjasama yang baik antara orang tua dan sekolah adalah kunci keberhasilan pendampingan siswa-siswa De Britto. Orang tua dan sekolah harus memiliki visi pendampingan yang sama.

Karena SMA Kolese De Brito adalah lembaga pendidikan Jesuit, dan siswa-siswa yang sedang belajar di SMA Kolese De Britto dididik dalam semangat Spiritualitas Ignatian, selayaknya orang tua juga memahami spiritualitas ini, supaya orang tua dan sekolah berjalan ke arah yang sama. Untuk tujuan inilah Ignatian Formation for Parents (IFFP) diadakan untuk orang tua siswa SMA Kolese De Britto.

IFFP KELAS X

Untuk orang tua kelas X, pertemuan Ignatian Formation for Parents diselenggarakan sebanyak 5 kali dalam satu tahun ajaran. Jadwal pertemuan ditetapkan dengan mempertimbangkan kegiatan-kegiatan lain yang diadakan sekolah. Pertemuan berlangsung dari pukul 9,00 sampai dengan 12.00, bertempat di Ruang Kaca SMA Kolese De Britto.

Setiap pertemuan mengangkat satu tema. Ada lima tema pokok yang akan diselesaikan dalam satu tahun, dan tema-tema tersebut dipilih karena juga diajarkan di kelas X.

  • Biografi St. Ignatius: Dari Inigo ke Ignatius
  • Sejarah Hidup
  • Azas dan Dasar
  • Man for Others
  • Examen Conscientiae
IFFP KELAS XI

Pertemuan IFFP untuk orang tua siswa kelas XI diadakan dalam bentuk rekoleksi sehari sebanyak 2 kali dalam setahun. Ada 2 tema wajib yang diberikan, yakni Discernment (Diskresi) dan Paradigma Pedagogi Ignatian (PPI). Pertemuan dengan tema wajib ini dikelola oleh sekolah. Di samping 2 tema wajib tersebut, ada 2 tema pilihan, yaitu Pembedaan Roh dan Pengolahan Luka Batin. Pertemuan untuk 2 tema pilihan ini diserahkan pengelolaannya pada orang tua, didukung oleh sekolah.

IFFP KELAS XII

Pertemuan IFFP untuk orang tua siswa kelas XII diselenggarakan dalam bentuk forum refleksi satu kali dalam setahun, dengan tema “Refleksi Proses Pendampingan Orang tua terhadap Anak” selama tiga tahun secara berkelompok dan secara tertulis.