SEKOLAH MITRA GOETHE INSTITUT

SMA Kolese De Britto adalah satu dari 29 sekolah di Indonesia yang terpilih menjadi sekolah mitra (disebut partner schule dalam Bahasa Jerman) Goethe Institut Indonesia, yang berkantor pusat di Jakarta. Kerjasama ini adalah bagian dari program PASCH yang diinisiasi Kementrian Luar Negeri Jerman tahun 2008, dalam kaitannya dengan pengembangan pembelajaran Bahasa Jerman di sekolah. PASCH berarti Sekolah: Mitra Untuk Masa Depan. Bahkan SMA Kolese De Britto adalah satu dari 10 sekolah pertama yang terpilih menjadi sekolah mitra di tahun 2008.

Sebagai sekolah mitra, SMA Kolese De Britto secara reguler mengirim guru-guru bahasa Jermannya ke lokakarya-lokakarya internasional di Jerman untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Lebih dari itu, materi pembelajaran bahasa Jerman di SMA Kolese De Britto mengikuti standar internasional yang telah ditetapkan.

Siswa-siswa De Britto juga berhak untuk mengikuti ujian bahasa Jerman level A1 dan A2, dan diuji langsung oleh guru-guru bersertifikat. Siswa-siswa dengan nilai tertinggi akan menerima beasiswa penuh dari Goethe Institut untuk mengikuti Sommer Jugenkurs atau kursus musim panas selama kurang lebih 2 minggu di Jerman. SMA Kolese De Britto biasanya mengirim 2 orang peraih nilai tertinggi untuk berpartisipasi dalam Sommer Jugenkurs.

KERJASAMA INTERNASIONAL DENGAN MUENSTER UNIVERSITY

Sejak 2017 SMA Kolese De Britto mengadakan kerjasama internasional dengan Universitas Muenster, yang terletak di kota Muenster, Jerman. Kerjasama ini diselenggarakan untuk memperkuat pembelajaran bahasa Jerman di SMA Kolese De Britto. Dua kali dalam setahun SMA Kolese De Britto menerima guru-guru bahasa Jerman penutur asli. Dengan demikian siswa-siswa De Britto mempunyai kesempatan untuk berinteraksi secara lebih aktif dan intensif dengan penutur asli bahasa Jerman.

KERJASAMA DENGAN PT PINNACLE

Sejak tahun 2019 SMA Kolese De Britto bekerjasama dengan PT Pinnacle yang berpusat di Jakarta untuk meningkatkan kemampuan literasi bahasa Inggris siswa-siswa De Britto. Dengan kerjasama ini siswa-siswa De Britto mempunyai kesempatan untuk mengakses lebih dari 2400 buku fiksi dan non-fiksi berbahasa Inggris dengan beragam tema.

KERJASAMA DENGAN PERPUSTAKAAN SANATA DHARMA

SMA Kolese De Britto menjalin kerjasama dengan perpustakaan Universitas Sanata Dharma untuk membantu para siswa menemukan referensi-referensi mutakhir ilmu pengetahuan. Kerjasama ini dibuat terutama untuk mendukung tugas penulisan karya ilmiah kelas XI.

ANGGOTA ASOSIASI SEKOLAH JESUIT INDONESIA (ASJI)

Kolese De Britto adalah satu dari 8 kolese Jesuit Indonesia. Kedelapan kolese tersebut – Kolese Kanisius (Jakarta), Kolese Gonzaga (Jakarta), Kolese Loyola (Semarang), Kolese PIKA (Semarang), Kolese De Britto (Yogyakarta), Kolese Mikael (Surakarta), Seminari Petrus Kanisius (Mertoyudan, Magelang), Kolese Le Cocq d’Armandville (Nabire)  ditambah beberapa sekolah, bergabung dalam Asosiasi Sekolah Jesuit Indonesia (ASJI). Kegiatan-kegiatan pengembangan sekolah sering dilakukan dalam kerangka ini.

JESUIT GLOBAL NETWORK

SMA Kolese De Britto adalah bagian dari jaringan sekolah-sekolah Jesuit dunia. Ada 845 sekolah menengah dikelola Jesuit di seluruh dunia, dan SMA Kolese De Britto berada di bawah koordinasi Jesuit Conference Asia Pacific (JCAP). Pengembangan-pengembangan guru dilakukan pada level Asia Pacific. Dalam kesempatan-kesempatan tertentu, siswa-siswa yang terpilih melalui seleksi mempunyai kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang melibatkan siswa-siswa dari sekolah-sekolah Jesuit lain di Asia Pacific.

KERJASAMA DENGAN PT ATEJA TRITUNGGAL

SMA Kolese De Britto juga bekerjasama dengan PT Ateja Tritunggal, salah satu perusahaan tekstil di Bandung, dalam penyediaan beasiswa satu tahun penuh untuk satu orang siswa kelas XI yang hendak naik ke kelas XII.