Talkshow Informasi Perguruan Tinggi Kelas XII : “Recalling & Setting Your Plan”  

Hari Senin, 4 Oktober 2021, SMA Kolese De Brigtto mengadakan Talkshow Informasi Perguruan Tinggi Kelas XII : “Recalling & Setting Your Plan”. Menghadirkan Dr Ferdinandus Hindiarto, rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata,  DR. Ir. D. Agung Krisprimandoyo, M.M, Direktur Ciputra,  Rudolf Yoseph Sianturi, Assisten Manager, Individual and Transaction Banking Learning and Development, BCA, Cosmas Adyutananda Herdianto, M. Sc., Asisten Project Manager, PT. Aneka Bangun Persada. Keempat pembicara adalah alumni SMA Kolese De Britto dari berbagai angkatan. Sesi pertama dengan sub tema : “Value hidup sebagai dasar menjalani profesi” dipandu oleh Bapak Drs. St. Kartono, M.Hum. dan  sesi kedua dengan sub tema : “Karakter dan kualifikasi yang dibutuhkan dalam kerja” dipandu oleh Bapak Ag. Prih Adiartanto, S.Pd., M.Ed.

 

Sebagai siswa De Britto perlu berani mengambil keputusan sekalipun sangat sulit dan perlu kerja keras. Sikap ini menjadi pembeda dengan orang lain sehingga menjadi nilai plus di mata orang lain, akibatnya karier menjadi cepat. Profesi dapat dibentuk. inilah penting pendidikan bagi semua orang yang akan menjalani suatu profesi.  Pendidikan adalah mata uang kehidupan yang berlaku di mana-mana. Selama menjalani profesi juga didukung oleh hobby yang dipupuk sejak masa remaja, sangat berguna untuk menjaga semangat bekerja. Sebagai penyeimbang hidup yang rutin menjalani profesi. Pilihan profesi : Jujur semangat hatimu, jujur ini tentang integritas, semangat adalah sudah tersistem dan tidak usah terlalu memikirkan hak, sekalipun kepala panas maka hati tetap dingin (.  DR. Ir. D. Agung Krisprimandoyo, M.M,)

 

Perlu segera menemukan tujuan hidup, jika nanti berubah itu wajar tetapi biasanya tidak jauh-jauh. Proses menemukan tujuan ada dinamikanya.  Masa anak-anak : imajinatif,  masa remaja sangat fleksibel karna banyak wawasan, inilah momentnya untuk menentukan karena kesempatan sangat terbuka. Fase ini harus segera ditemukan. Jika nanti berubah biasanya tidak jauh dari  tujuan hidup. Tujuan hidup (Goal setting) menjadi sumber motivasi yang kuat, jika masuk bawah sadar menjadi sumber internal paling kuat untuk segera mewujudkan . Tidak kehabisan tenaga , menghidupi kehendak kuat. Melakukan tugas dengan sukacita. Mainfullness : menghadirkan kesadaran penuh yang sengaja saat ini tanpa judgment. Menikmati profesi membuat semangat hidup, menemukan keindahan. Selalu merindukan aktivitas itu. (Dr Ferdinandus Hindiarto).

 

Never ending learning, jangan merasa siap, karena tahu teori belum tentu dapat mudah diterapkan di dunia kerja. Belajar juga dari siapapun termasuk rekan sekerja yang berada di level bawah karena mereka sering kaya akan pengalaman. Sekarang banyak hal baru yang harus dipelajari untuk menambah bekal. Pendidikan adalah bekal cara berpikir, maka keterampilan perlu dilatih. Nilai di De Britto,  bebas bertangung jawab akan menjadi nilai lebih. Nilai De Britto yang dihidupi : Tidak malu, tidak, tidak malas, sangat dibutuhkan dalam memasuki dunia kerja. Sikap jujur sangat penting, Jujur tidak mudah diajari. Jika orang tidak punya skill masih mudah diajari.  Orang yang jujur cenderung dapat dipercaya oleh atasan dan mudah meniti karier.(Cosmas Adyutananda Herdianto)

 

Beradaptasi adalah penting.karena membantu ketika ditempatkan di luar daerah dan bertemu dengan orang-orang yang berbeda. “Mengosongkan gelas” itu penting. Learning and development perusahaan lebih mementingkan karakter. Karakter yang mendarah daging sulit diubah. Jika itu tertanam akan menjadi jatidiri kita. Menjadi identitas seseorang. Misalnya seseorang yang terbiasa memberikan terbaik untuk orang lain, biasanya akan totalitas. Salah satu kegunaan Interview adalah mencocokkan karakter dengan nilai-nilai lembaga yang akan dimasuki. Masa training dapat terlihat karakter seseorang (Rudolf Yoseph Sianturi)

 

Acara selengkapnya dapat diikuti melalui : https://www.youtube.com/watch?v=XsdHJaPzet4