Wakasek Kesiswaan (Pamong) SMA Kolese De Britto Bersama Tujuh Diakon Menerima Tahbisan Imam Serikat Jesus Tahun 2021.

Kamis, 19 Agustus 2021, menjadi hari istimewa untuk Keluarga Ordo Serikat Jesus (SJ). Delapan diakon Jesuit menerima tahbisan imam dalam perayaan ekaristi tahbisan Imam Serikat Yesus di Gereja St. Antonius Kotabaru Yogyakarta dari tangan Bapak Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Pr. Dalam upacara tahbisan tersebut, Bapak Uskup didampingi oleh Provinsial SJ Indonesia, Pater Benedictus Hari Juliawan, S.J. dan Rektor Kolese St Ignatius, Kotabaru, Yogyakarta, Pater Ignasius Aria Dewanto, SJ.

 

“Berbagi Rahmat dan Cinta Allah dengan Sukacita” adalah motto bagi para diakon. Relasi personal dan mendalam yang terjalin antara Yesus dengan para murid adalah gambaran relasi kasih Allah kepada manusia tanpa syarat. Awalnya mereka merasa bimbang, ragu, bahkan tidak yakin dengan keputusan mereka untuk mengikuti Yesus. Akan tetapi, para murid terus berusaha untuk tinggal di dalam kasih Yesus (Yoh. 15:9).  Kasih memampukan para murid untuk mengikuti Yesus sampai akhir hidup.

 

Sebagaimana rahmat dan kasih Allah selalu menyertai dinamika perjalanan panggilan para murid, rahmat dan kasih Allah.  Para diakon percaya bahwa kasih Allah akan selalu menyertai dinamika perjalanan panggilan hidupnya. Dalam hal inilah, mereka semakin diteguhkan untuk menghidupi spiritualitas Serikat Jesus. Jesuit diutus ke tengah-tengah dunia, ke tanah misi maupun ke tempat tempat terpencil; tidak sebaliknya, lari dari kenyataan. Allah yang begitu murah hati memberikan rahmat-Nya menggerakkan para diakon untuk berbagi kasih Allah kepada sesama dengan sukacita.

 

Salah satu Imam baru adalah  Pater Hugo Bayu Hadibowo, S.J.  kelahiran 11 Agustus 1988 dari Paroki St. Anna, Duren Sawit, Jakarta yang sudah bertugas di SMA Kolese De Britto sebagai Pamong sejak 6 bulan lalu. Memurut perutusan Provinsial Indonesia bahwa Pater Hugo, SJ., masih tetap berkarya di SMA Kolese De Britto.

 

“Menjadi bambu yang mengalirkan air segar” adalah motto pribadi Pater Hugo, SJ. Pengalaman cintalah yang menggerakkan Pater Hugo untuk membantu dan menolong orang lain. Menjalani panggilan men-Jesuit berarti hanya seperti sebuah bambu yang mengalirkan air segar kepada mereka yang membutuhkan. Bambu yang digunakan Allah untuk mengalirkan air rahmat-Nya kepada yang membutuhkan.

 

Para Imam baru dengan dengan perutusan dari Provinsial Serikat Jesus Indonesia, Pater Benedictus Hari Juliawan, SJ. sebagai berikut :

  1. Pater Fransiskus Pieter Dolle, S.J. : Direktur Yayasan Realino, Sie Pengabdian Masyarakat.
  2. Pater Hugo Bayu Hadibowo, S.J. : Pamong /Wakasek Kesiswaan SMA Kolese De Britto Yogyakarta.
  3. Pater Alfonsus Ardi Jatmiko, S.J. : Pamong / Wakasek Kesiswaan SMK Kolese Mikael Surakarta.
  4. Pater Aluisius Dian Permana, S.J. : Vikaris Parokialis St. Antonius Padua, Muntilan, Magelang
  5. Pater Evodius Sapto Jati Nugroho, S.J. : Prefect Spiritual (Pembimbing Rohani) di Seminari Menegah Mertoyudan, Magelang.
  6. Pater Philipus Bagus Widyawan, S.J. : Vikaris Parokialis Paroki Santo Martinus, Balai Barkuak, Keuskupan Ketapang, Kalimantan Barat.
  7. Pater Martinus Juprianto Bulu Toding, S.J. : Pamong / Wakasek Kesiswaan SMA Kolese Loyola, Semarang
  8. Pater Martinus Dam Febrianto, S.J. : Staff Jesuit Refugee Service (JRS) Indonesia di Bogor.

Proficiat untuk Pater Hugo, SJ dan Para Imam Baru Selamat menjalani tugas perutusannya.

 

Untuk lebih jelasnya dapat mengakses : https://www.youtube.com/watch?v=PVXYcZoB5jw