Serah Terima Jabatan Kepala dan Wakil Kepala SMA Kolese De Britto yang Baru

Kamis, 1 Juli 2021, bertempat di kapel SMA Kolese De Britto dilaksanakan Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah dari Bapak Ag. Prih Adiartanto, S.Pd. M.Ed. kepada Bapak F.X. Catur Supatmono, M.Pd.  Prosesi pergantian kepemimpinan sekolah tersebut diawali dengan Misa Syukur yang dipimpin langsung oleh Romo Cyprianus Kuntoro Adi, SJ selaku Ketua Pengurus Yayasan De Britto.

Serah terima jabatan Kepala Sekolah SMA Kolese De Britto disaksikan secara langsung oleh perwakilan siswa, guru, karyawan, pengurus Yayasan De Britto, Alumni, orangtua, dan tamu undangan dalam jumlah terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan serah terima juga diikuti oleh para siswa, para guru, guru & karyawan secara online melalui streaming youtube SMA Kolese De Britto.

Pengambilan janji Jabatan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah oleh Romo Cyprianus Kuntoro Adi, SJ berlangsung secara kidmat. Setelah itu dilakukan penandatangan janji jabatan dan berita acara serah terima jabatan yang diwakili oleh Kepala Sekolah. Romo Cyprianus Kuntoro Adi, SJ kemudian menyerahkan surat  keputusan seluruh direksi baru kepada : Bapak F.X. Catur Supatmono, M.Pd. (Kepala Sekolah), Bapak Heribertus Heri Istiyanto, S.Si., M.Kom. (Wakil Sekolah Kurikulum Pembelajaran dan supervisi pengajaran), Bapak Novianto Eka Saputra, S.Sn. (Wakasek Keuangan Siswa dan Operasional sekolah serta Sarana-Prasarana), Frater Hugo Bayu Hadibowo, S.J.(Wakasek Kesiswaan / Pamong/ Moderator), dan Bapak H.J. Sriyanto, M.Pd. (Wakasek Humas dan Jejaring sekolah).

Dalam kesempatan tersebut Romo Cyprianus Kuntoro Adi, SJ sebagai Ketua juga menyerahkan piagam penghargaan kepada pejabat lama yaitu : Bapak Ag. Prih Adiartanto, S.Pd. M.Ed., Bapak Heribertus Heri Istiyanto, S.Si., M.Kom., Bapak Drs. B. Widi Nugroho, M.Ed., Bapak P. Gandhi Prastowo, S.Pd., Bapak H. Franky Ari Adi Artanto, S.Pd., Bapak Ag. Triwinanto, S.Pd., Bapak D. Sanusi SH Murti, S.Pd., Bapak Y. Iwan Prasetyo, S.Pd., Bapak H.J. Sriyanto, S.Pd., M.Pd.

Bapak Ag. Prih Adiartanto, S.Pd. M.Ed., (Kepala Sekolah lama) dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak dan bersyukur karena selama 2 (dua) periode telah melaksanakan penugasannya sebagai kepala sekolah dengan baik. Penataan kegiatan formasi siswa agar tujuan sekolah Jesuit semakin tampak, tercapai melalui Latihan Kepemimpinan Tingkat  Dasar (LKTD) dengan spirit Ignatian Leadership untuk siswa, Exament Conscientiae, Ignatian Fromation For Parent, kerjasama dengan alumni dalam pengembangan pendidikan, serta orang tua siswa. Demikian Pak Prih menjelaskan.

Lebih lanjut, pendidikan di SMA Kolese De Britto diarahkan pada pembentukan pribadi siswa menjadi pemimpin pengabdi (leader of service) yang kompeten (competence), berhati nurani benar (conscience), berbela rasa (compassion), berkomitmen sebagai pejuang keadilan (commitment), dan konsisten (consistency), yang biasa dikenal sebagai 1L+5C. Selama delapan tahun dibagi menjadi  dua periode yang ditandai oleh dua tagline, yaitu Tagline periode pertama, “Duc Servuce qui Competencia, Conscientiae, et Compassione” dan Tagline periode kedua, “Educating Young Man to be Leaders in Ther Service of Others”.

Bapak F.X. Catur Supatmono, M.Pd. selaku Kepala Sekolah baru dalam sambutannya menyampaikan sebagai sekolah Yesuit, Paradigma Pedagogi ignatian dan Kepemimpinan Ignatian menjadi dasar dalam penyelenggaraan persekolahan. Kepemimpinan Ignatian lebih menjadi cara hidup, cara berpikir, dan bertindak dalam keseharian. Kita semua dengan perannya masing-masing  dipanggil untuk menghayatinya kepemimpinan Ignatian.

 

Kolese De Britto dianugerahi berbagai potensi yang dapat terlihat dari guru dan karyawan, para siswa, alumni, orang tua siswa, daya adaptasi, tradisi baik, inovasi, kreativitas, dukungan yayasan. Namun masih perlu dikembangkan juga terkait dengan kualitas komunikasi, kualitas formasi Ignatian untuk guru-karyawan, orang tua, dan siswa, serta fungsi manajemen terutama fungsi manajemen pendampingan. Fokus pengembangan  SMA Kolese De Britto ke depan antara lain adalah sekolah dialog, Sekolah sehat dan aman, sekolah global, sekolah cinta, sekolah adil, sekolah unggul, dan sekolah sepanjang hayat. Ada tiga kata penting untuk menggambarkannya yaitu : Kolaborasi, Kontribusi dan Prestasi.

Romo Cyprianus Kuntoro Adi, SJ (Ketua Pengurus Yayasan) dalam sambutannya menyampaikan  tiga hal. Pertama,  dalam mendampingi para siswa guru dan karyawan perlu memperhitungkan kesimbangan hidup. Kedua, mengucapkan terima kasih kepada anggota direksi lama yang telah menjalankan tugas dengan baik dan selalu mengandalkan  pendampingan Tuhan. Ketiga, mengucapkan selamat bekerja kepada anggota direksi baru dan tidak perlu kuatir karena ada pihak-pihak yang dapat diandalkan antara lain  para guru-karyawan, alumni dan orang tua siswa yang akan mendukung.

Terima kasih kepada Bapak Ag. Prih Adiartanto, S.Pd. M.Ed., beserta  jajarannya. Dan kepada Bapak F.X. Catur Supatmono, M.Pd. dan para anggota direksi baru, kami mengucapkan selamat bekerja. Tuhan memberkati kita.

Keseluruhan acara serah terima jabatan kepala sekolah SMA Kolese De Britto dapat ditonton ulang lewat chanel  youtube : SMA Kolese De Britto.