“Pribadi Unggul” Orientasi Profesi Siswa kelas XI tahun 2021

Menghadapi tantangan jaman, dan derasnya mobilitas revolusi industri (4.0) yang terjadi, maka berbagai elemen yang ada dalam cakupan pengembangan sektor tersebut perlu mengikuti perkembangannya dalam bidang apa saja. Revolusi industri 4.0 saat ini memiliki jarak dan perkembangan yang sangat jauh dari era sebelumnya. Banyak profesi sudah digantikan oleh kecerdasan buatan, dan mesin otomatis. Hal ini tentu akan membawa dampak pada jumlah sumber daya manusia yang ada. Sehingga perlu adanya inovasi profesi yang mampu mewadahi kondisi tersebut.

 

Career education sebagai usaha dalam lingkungan pendidikan sekolah dan masyarakat luas untuk membantu semua individu selama seluruh kehidupannya untuk mencapai tujuan sebagai berikut :

  1. Mengenal berbagai jenis profesi yang terbuka bagi para peserta didik dan sekaligus bermakna, dan dapat menghayati semua nilai dunia kerja.
  2. Mampu mengambil keputusan rasional dalam memilih bidang profesi yang akan diperjuangkan.
  3. Melaksanakan keputusan secara bulat yang dilandasi nilai yang terkandung dalam bekerja (vocational attitudes) dan sikap yang dituntut dalam bekerja (vocational values). (Bruce Reinhart dalam W. S. Winkel, 1997),

 

Sebagai lembaga pendidikan Jesuit SMA Kolese De Britto memiliki semangat pendampingan Cura Personalis dimana semangat tersebut merupakan upaya memberikan perhatian yang mendalam bagi setiap pribadi yang memiliki keunikan dan dengan mengakui keluhuran martabatnya. Sebagai lembaga pendidikan, SMA Kolese De Britto tentu akan memberikan kesempatan bagi para siswa yang ingin mendapat pengalaman belajar seluas-luasnya guna proses pemahaman dasar, membangun diri, penambahan wawasan, serta langkah untuk membangun pertimbangan atas pilihan yang dimiliki.

 

Sebelum menimbang pilihan profesi lebih mendalam, maka kelas XI perlu memiliki persiapan yang matang. Maka perlu ada hal-hal yang dipersiapkan untuk membantu proses menimbang-nimbang pilihan tersebut. Hal-hal yang perlu dipersiapkan dan disampaikan kepada siswa adalah mengenali pengertian profesi, dinamika bekerja pada suatu profesi tertentu, maupun mengenali perkembangan yang akan terjadi pada profesi yang diminati.

 

Maka kegiatan Orientasi Profesi sebagai salah satu kegiatan formasio, memiliki tujuan yang selaras guna membantu proses berkembangnya siswa untuk lebih mengenali, dan menjadi langkah awal untuk memantapkan minat, dan bakat siswa sesuai dengan kebutuhan dan pilihannya ke depan. Kegiatan ini tentunya semakin lengkap dan utuh bagi pengembangan siswa, karena informasi, pendampingan, serta arahan bukan hanya dari tim BK, wali kelas, maupun guru bidang studi. Tapi melibatkan pihak luar sekolah yang sudah berkecimpung langsung pada profesi tersebut, sehingga memiliki komptensi lebih untuk memberikan wawasan profesi yang diminati siswa.

 

Pelaksanaan mulai Senin, 4 – Jumat 8 Oktober 2021, yang meliputi :

  1. Pendalaman kembali alur orientasi profesi,
  2. Pemantapan minat dan bakat masing-masing siswa
  3. Tes Minat Bakat
  4. Sharing Profesi bersama narasumber bidang: Pengusaha (Bidang Kuliner), Pengusaha, (Bidang Produksi), Youtuber (Bidang Reviewer), Dokter, Perbankan, Arsitek, E-Commerce, TNI, POLRI, Digital Marketing, Pengusaha (Bidang Sistem), Pengusaha (Bidang Export), Pengusaha (Bidang Import), Pengusaha (Bidang Seni dan Musik), Pertambangan, Diplomat, Pilot, Psikolog, Pastor, Endorsement

 

Sebelum mengakhiri kegiatan, tiap hari para siswa melakukan refleksi. sharing hasil refleksi dan pengendapan bersama wali kelas.

 

(Panitia Orientasi Profesi 2021)