Pertemuan Pertama IFFP: Dari Inigo ke Ignatius

Pertemuan pertama Ignatian Formation for Parents terselenggara pada Minggu, 25 Agustus 2019 lalu. Pertemuan perdana ini berlangsung dari pukul 8.00 – 11.00 di aula baru SMA Kolese De Britto, dihadiri 120 orangtua murid kelas X. Tema yang diangkat untuk pertemuan pertama ini adalah “Biografi St. Ignatius: dari Inigo ke Ignatius”, dibawakan oleh Pater Mulyadi, SJ, pendamping Campus Ministry SMA Kolese De Britto.

Biografi St. Ignatius bukan sekadar cerita tentang perjalanan hidup pendiri Serikat Yesus, melainkan kisah pertobatan. Di masa mudanya, ketika ia masih menjadi tentara kerajaan, hidupnya dipenuhi dengan impian dan ambisi heroisme dan keduniawian. Tetapi, impian dan ambisinya dibelokkan oleh Tuhan melalui berbagai peristiwa yang terjadi mulai dari saat kakinya dihantam peluru meriam. Ambisi keduniawiannya sebagai tentara yang mengabdi raja kemudian dibelokkan Tuhan. Kini ambisinya adalah menjadi tentara yang mengabdi Raja abadi.

Bagaimana Tuhan membimbing Ignatius menemukan impiannya yang sejati, bisa menjadi model bagaimana orangtua seharusnya membimbing dan mendampingi anak-anak. Allah seolah-olah ‘membiarkan’ hal-hal buruk terjadi pada Inigo. Tetapi, melalui pengalaman-pengalaman jatuh itulah, Inigo dibimbing oleh Allah sendiri untuk sampai pada impian sejatinya. Untuk sampai pada impian yang sejati, cita-cita yang sebenarnya, seorang anak perlu diberi ruang untuk mengalami segala sesuatu, termasuk ruang bagi terjadinya kesalahan, dan hal-hal tidak mengenakkan lainnya. Dengan bimbingan orangtua, bukan paksaan, anak akan menemukan sendiri cita-cita sejatinya, bukan cita-cita orangtuanya.

Pertemuan perdana IFFP berlangsung sangat dinamis. Orangtua terlibat aktif dengan menyampaikan tanggapan maupun pertanyaan. Orangtua saling belajar dari pengalaman-pengalaman sesama orangtua mendampingi anak-anak mereka. Pertemuan diselingi dengan rehat sejenak selama 20 menit, yang menjadi kesempatan baik bagi orangtua untuk berbincang dan mengenal satu sama lain.