Pertemuan Orang Tua Siswa – Sekolah Tahun 2019

SMA Kolese De Britto memandang keterlibatan orang tua dalam pendampingan siswa sebagai sesuatu yang sangat penting. Itu yang menjadi alasan sekolah bertemu secara rutin dengan orang tua sebagai pendidik utama dan pertama. Pada 5 – 7 November 2019, SMA Kolese De Britto menyelenggarakan pertemuan rutin antara orang tua siswa dengan sekolah. Pertemuan tahunan tersebut adalah salah satu bentuk komunikasi antara orang tua dan sekolah. Komunikasi yang baik antara kedua pilar pendidikan ini sangat penting dalam konteks membangun visi bersama dalam pendampingan siswa. Ujub utama pertemuan adalah evaluasi perkembangan siswa kelas X, XI, dan XII.

Pertemuan dibagi menjadi dua bagian pokok, yakni pertemuan umum di aula secara bersama-sama untuk semua orang tua dan pertemuan di kelas-kelas bersama wali kelas. Pertemuan umum diisi dengan penyampaian evaluasi proses pembelajaran dan pencapaian akademik secara umum oleh wakil kepala sekolah urusan kurikulum, H. Heri Istiyanto, S.Si., M.Kom., dan  penyampaian evaluasi perkembangan siswa per tingkat dan kegiatan formatif yang telah terselenggara, dan informasi tentang kegiatan-kegiatan formatif yang akan dilaksanakan oleh wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, Pater N. Devianto Fajar Trinugroho, SJ.

Pertemuan bersama wali kelas dilaksanakan setelah pertemuan umum di aula selesai. Para wali kelas, didampingi beberapa guru, menyampaikan perkembangan studi maupun kepribadian kelas yang bersangkutan. Dalam pertemuan tersebut, orang tua bisa mendapatkan gambaran situasi kelas, relasi antar siswa dalam kelas, capaian akademik, kebiasaan belajar, dan informasi lain berkaitan dengan kelas.

Layak disyukuri bahwa sebagian besar orang tua hadir dalam pertemuan tersebut, mengingat cukup banyak dari mereka berasal dari luar kota (hampir separo siswa De Britto berasal dari luar kota, dan sebagian berasal dari tempat yang jauh). Kehadiran orang tua dalam pertemuan rutin tersebut menunjukkan bahwa orang tua sangat memperhatikan perkembangan studi maupun kepribadian anak-anak mereka.

SMA Kolese De Britto sangat terbuka untuk orang tua atau wali yang hendak bertemu dengan wali kelas atau staf bimbingan konseling – tentu dengan membuat janji bertemu terlebih dahulu – sebagai bagian dari komunikasi di luar pertemuan tahunan.