Pertemuan Orang Tua Siswa Per Tingkat Tahun 2020

SMA Kolese De Britto selalu meletakkan orang tua sebagai pendidik pertama dan utama. Dalam semangat inilah De Britto secara rutin menyelenggarakan pertemuan dengan orang tua siswa di masing-masing tingkat, kelas X, XI, dan XII. Demikian juga pada tanggal 26 – 28 Oktober 2020, sekolah mengadakan pertemuan evaluatif secara virtual dengan orang tua. Tujuan utama adalah mengevaluasi 3 bulan pertama proses pembelajaran di tiap tingkat.

Pertemuan orang tua ini adalah bagian dari cara sekolah untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dengan orang tua. Pertemuan evaluatif ini juga menjadi tanda bahwa sekolah membuka diri terhadap masukan-masukan dari orang tua demi proses pembelajaran yang lebih baik.

Pertemuan daring ini dibagi menjadi dua sesi, sesi umum dan sesi khusus bersama wali kelas. Pertemuan umum dimulai pukul 17.00 tepat dan berakhir pada pukul 18.10 petang. Usai pertemuan umum, para orang tua kemudian mengikuti pertemuan dengan wali kelas. Dalam pertemuan ini orang tua berkesempatan untuk berdialog dengan wali kelas sampai kira-kira pukul 19.00.

Masing-masing tingkat memiliki dinamikanya sendiri. Kelas X angkatan 2020-2021 ini istimewa karena sama sekali belum pernah bertemu secara langsung dengan teman-teman sekelas maupun dengan guru-guru. Di 3 bulan pertama, siswa kelas X masih berada di tahap adaptasi. Adaptasi dengan budaya baru, cara belajar baru, teman-teman baru, orang-orang baru, dan banyak hal baru lainnya. Hal-hal baru tentu membutuhkan penyesuaian. Pun kelas XI dan XII mempunyai dinamikanya sendiri.

Ada tiga paparan evaluasi 3 bulan pertama pembelajaran di masing-masing tingkat, yaitu paparan evaluasi umum dan informasi penting dari kepala sekolah, paparan evaluasi dari bidang kurikulum, dan paparan evaluasi dari bidang kepamongan atau pendampingan siswa. Masing-masing paparan didasarkan pada hasil survei yang telah dilakukan sekolah kepada orang tua dan siswa.

Selain paparan evaluasi, beberapa informasi penting terkait kemungkinan pembelajaran luring, syarat-syarat kenaikan kelas, dan harapan kerjasama dan komunikasi lebih intensif dengan orang tua juga disampaikan dalam pertemuan tersebut.