Perpustakaan Digital JB Melayani Arus Zaman

“Melayani Arus Zaman”. Demikian moto Perpustakaan SMA Kolese De Britto. Zaman telah berubah dan teknologi telah berkembang pesat. Perpustakaan De Britto ingin meningkatkan kemudahan dan kecepatan akses layanan kepada pengguna. Salah satu caranya adalah dengan membuat perpustakaan digital. “DeBritto ELib”. Perpustakaan digital membuat jangkauan pemanfaatan layanan perpustakaan semakin luas dan tidak terbatas ruang dan waktu.

DeBritto ELib mulai resmi digunakan dan bisa diakses civitas akademika De Britto mulai 3 November 2020 yang lalu. Ada 650 judul buku tersedia di DeBritto Elib dengan sekitar 1300an eksemplar, dan terus akan bertambah. Buku-buku digital ini melengkapi 12 ribu eksemplar koleksi perpustakaan fisik SMA Kolese De Britto.

Proyek perpustakaan digital ini adalah hasil kerjasama dengan Gramedia. Penggarapan proyek ini mulai dilakukan 27 Mei 2020 dan tahap awal berhasil diselesaikan awal bulan Agustus 2020 dan masih membutuhkan penyempurnaan. Pada bulan November 2020 proyek ini rampung.

Layanan akses ke DeBritto ELib hanya terbatas pada murid, guru, dan staf kependidikan SMA Kolese De Britto. Setiap pengguna bisa meminjam hingga 10 buku per minggu. Setelah seminggu, buku akan kembali secara otomatis.