ORIENTASI PROFESI 2021 SMA KOLESE DE BRITTO

Selaraskan Hasrat Karirmu, Talenta Sejati, Tujuan, dan Minat
Mulai Senin, 18 Januari sampai Kamis, 21 Januari 2021 kelas XI mengikuti dinamika Orientasi Profesi. Di hari pertama ini, mereka diajak untuk memahami 3 hal pokok: 1) konteks dunia kerja saat ini dan melongok situasi dunia kerja 10 tahun mendatang; 2) sikap-sikap diri yang perlu dibangun untuk memasuki dunia kerja, dan 3) bagaimana membuat pilihan yang tepat sesuai minat. Hal pertama diberikan oleh Bapak HJ Sriyanto, hal kedua disampaikan oleh Bapak St. Kartono, dan hal terakhir oleh Pater Bayu Risanto, SJ. Dua narasumber pertama adalah guru-guru SMA Kolese De Britto, dan narasumber ketiga adalah Jesuit yang saat ini sedang menyelesaikan program doktoral bidang Hidrologi dan Sains Atmosfer di University of Arizona, AS.
Dari ketiga narasumber ini ada beberapa kesimpulan penting dan menarik. Pertama, saat ini dan ke depan bisa dipastikan bahwa beberapa bidang kerja tidak akan ada lagi, dan akan muncul banyak bidang baru yang saat ini belum ada, terutama dalam kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi dan kecerdasan buatan. Tetapi, banyak juga bidang kerja yang tetap akan bertahan dan dibutuhkan karena bidang-bidang ini tidak tergantikan oleh mesin (terutama yang membutuhkan berpikir kritis, empati, dan membangun relasi).
Kedua, apapun bidang kerja yang nanti akan digeluti, jangan pernah melupakan komitmen, integritas, dan passion Komitmen dan integritas harus dimulai sejak dini mulai dari hal-hal kecil. Orang tidak pernah akan bisa melakukan hal besar ketika dia abai dengan hal-hal kecil. Lebih dari itu, menghidupi passion¬†berarti siap ‘menderita’ karena harus melakukan banyak hal, yang bisa jadi melelahkan.
Ketiga, hidup itu memang tidak pernah linier dan pasti. Dari pengalaman, cukup banyak orang mempunyai pekerjaan yang di awal terasa seperti terpaksa harus melakukan itu karena tidak ada pilihan. Sangat mungkin. Jika ini yang terjadi, pengolahan terus menerus melalui refleksi untuk memurnikan motivasi menjadi penting sampai ia bisa menemukan bahwa pekerjaan ini membawanya pada kepenuhan hidup, hidup yang memuaskan dan menggembirakan, yang tidak selalu diukur dengan uang. Dalam proses pencarian ini bisa saja ditemukan peluang-peluang yang lebih luas di bidang pekerjaan yang sekarang ditekuni. Di sisi lain, cukup banyak orang sudah menemukan minat-minatnya sejak awal, bahkan lebih dari satu. Jika demikian, dia harus sungguh-sungguh ‘mendengarkan’ hidupnya supaya bisa membuat pilihan yang benar. Pilihan yang membawa pada kepenuhan hidup.
Kegiatan hari Senin itu akan dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan kelompok lebih kecil sesuai minat pada hari Rabu, 20 Januari 2021 dan Kamis, 21 Januari untuk belajar bersama dengan para alumni De Britto dari berbagai latar belakang profesi.