Motivasi Belajar untuk siswa dengan Ibu Edilburga Wulan Saptandari, M.Psi.

Informasi Perguruan tinggi Hari 5 (Jumat, 8 Oktober 2021) Motivation

 

Motivasi Belajar untuk siswa dengan psikolog Narasumber : Ibu Edilburga Wulan Saptandari, M.Psi., Ph.D., dan di-moderatori

 

Motivasi Belajar untuk siswa dengan psikolog Narasumber : Ibu Edilburga Wulan Saptandari, M.Psi., Ph.D., dan di-moderatori oleh Bapak Ag. Prih Adiartanto, S.Pd., M.Ed.

 

Ibu Edilburga Wulan Saptandari, M.Psi., Ph.D., adalah dosen psikologi UGM yang memberikan motivasi belajar agar para siswa memiliki kemauan kuat menghidupi cita-citanya.

 

Belajar adalah proses berpikir. Metakognisi yaitu berpikir proses berpikir. Pengetahuan mengenai. Cara belajar itu sendiri atau tentang cara belajar.  Belajar untuk berpikir tentang proses berpikir diri sendiri dan menfrapkan strategi belajar yang sfektif.

 

Motivasi adalah suatu proses ketika aktivitas yang diarahkan pada tujuan, dipicu, dan dipertahankan (schunk, dkk, 2008). Motivasi belajar adalah daya penggerak yang ada dalam diri seseorang untuk mengrekakan orang tersebut melakukan kegiatan belajar dan mmeberi arah pada kegiatan belajar yang dilakukan agar mencapai tujuan (Winkel, 2019).

 

A DREAM written down with a date becomes a GOAL. A goal broken down into steps becomes PLAN. A plan backed by ACTION makes your dream REALITY.

 

SMART yaitu S : Specific (jelas) apa yang benar-benar diinginkan M : Measure (dapat dikukur), ukuran untuk menentukan jika goal tersebut sudah tercapai.  A : Achieveable (dapat diraih), mau menjalani proses untuk mencapai goal.  R : Relevan (bermakna), ukiuran kepuasan jika goal tercapai.  T : timely,  target waktu goal tercapai.

 

Sikap dan determinasi, ide dan tindakan, dan Perlunya dukungan sosial dari rekan, orang tua dan guru.