MISA PEMBUKAAN TAHUN AJARAN BARU 2021-2022

Misa Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2021/2022 dan sekaligus penutupan kegiatan Masa Pengelan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa kelas X SMA Kolese De Britto dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Juli 2021 pukul 11.00 WIB di Kapel SMA Kolese De Britto. Misa dipimpin oleh Pastor V Seno Hari Prakosa, SJ dan didampingi oleh Pastor Cyprianus Kuntoro Adi SJ.

 

Dalam pengantar misa, Pastor Seno menyampaikan bahwa Masa Pengenalan Lingkungan sekolah (MPLS) sebagai sarana masuk lebih dalam mengenali lingkungan sekolah yang disediakan untuk para siswa agar nantinya mengalami formasi masa mendatang. Bagi siswa kelas XI dan XII merupakan “ladang” yang sudah dikenal satu atau dua tahun lalu baik secara langsung maupun virtual yang perlu digarap bersama para guru dan karyawan sehingga memperoleh panen melimpah.

 

Misa ini sebagai ungkapan syukur karena kita telah diberi kesempatan dan sarana untuk proses pendidikan. Permohonan dalam pendampingan Tuhan selama para siswa menjalani pendidikan. Serta permohonan untuk para  penderita sakit terutama akibat covid19, begitu juga memohonkan tempat yang layak dan kebahagiaan bagi para saudara yang telah dipanggul Tuhan akibat Covid19.

 

Dalam homilinya, Diakon Hugo Bayu Hadibowo, SJ selaku wakasek Kesiswaan / Pamong menyampaikan bahwa kita tidak bisa memilih apa yang kita hadapi di tahun ajaran baru dalam kondisi pandemik saat ini. Yang bisa kita pilih adalah bagaimana kita mengatur, bersikap, dan merespon terhadap situasi yang tidak mudah seperti saat ini. Kita tidak bisa mengubah keadaan, tapi yang bisa kita ubah cara memandang keadaan. Cara mengambil sikap atas keadaan yang kita hadapi.

Diakon Hugo mengajak para siswa untuk menjadi pejuang yang tangguh, Beliau mengilustrasikan beberapa tipe pendaki gunung, yaitu : Tipe Quitter : mudah menyerah, Tipe Camper : minimalis / seadanya, dan Tipe Climber : tuntas / pejuang.

 

Bapak FX Catur Supatmono, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Sekolah dalam sambutannya mengajak di awal tahun ajaran baru ini agar seluruh warga SMA Kolese De Britto memiliki harapan baru yang akan menghidupkan dan menggerakan setiap proses yang akan datang. Proses ke depan bisa jadi tidak akan mulus, ada banyak kendala dan penghalang, tetapi harapan baru akan menuntun langkah kita sampai pada tujuan besar yang akan diraih. Formasi untuk para siswa kelas X, XI, XII sudah disediakan, tinggal dijalani dengan cara pandang baru. Sebagaimana anggur baru harus ditempatkan pada wadah yang baru (bdk Lukas 5 : 38).

Bapak Kepala sekolah juga mengucapkan terima kasih karena misa terselenggara dengan baik. Ucapan terima kasih ditujukan kepada Pastor Kuntoro Adi dan Pastor Seno yang sudah memimpin misa; kepada Tim IT, tim Campus Ministry (CM); kepada Bapak V Jarwo Biadi yang menyiapkan tempat; kepada Tim Ekstrakurikuler orchestra, Ibu Okda dan Ibu sebagi vokalis yang dengan indahnya baik musik dan nyanyian sangat mendukung jalannya misa.

 

“Selamat Datang Siswa Kelas X, Selamat Bergabung kembali siswa Kelas XI & XII. Mari kita tapaki tahun ajaran baru 2021/2022 dengan penuh semangat. Tidak Takut, Tidak Malu, Tidak Malas!”

 

AMDG