“Mewujudkan Kepemimpinan Unggul Bersama Keluarga” Latihan Kepanduan Tingkat Dasar (LKTD) Siswa Kelas X  

Sesuai dengan tagline SMA Kolese De Britto tahun ini, “educating young men to be leader in the service of others”, sejatinya segala macam formasi yang diberikan mestinya mengarahkan setiap siswa untuk melatih dan mengembangkan kecakapan menjadi seorang pemimpin. Sejalan dengan tujuan ini, maka perlu diadakan formasi pertama dan utama untuk mengarahkan dan mendidik setiap siswa untuk sampai pada tujuan tersebut. Dengan demikian, Latihan Kepanduan Tingkat Dasar (LKTD) kemudian menjadi kegiatan yang sifatnya mutlak untuk dilakukan meskipun pada masa pandemi seperti saat ini. Tujuan LKTD ini tetap dilaksanakan pada masa pandemi dengan cara daring tujuannya tidak lain adalah tetap memberikan formasi wajib pada siswa kelas X agar tidak kehilangan spirit.

 

Profil lulusan sekolah Yesuit tersusun atas lima unsur pokok yang terdiri dari; kompeten, belas kasih, suara hati, hidup rohani dan kepemimpinan. Pada unsur pokok kelima yaitu tentang kepemimpinan, inilah yang akan kita olah dengan pendampingan formasi yang berupa LKTD, yang pada waktu sebelumnya dilaksanakan secara praktik dan di lapangan, karena pada tahun ini masih masa pandemi, dengan sangat terpaksa LKTD tahun ini akan dilaksanakan secara daring (online).

 

Konsepnya adalah kembali bersama keluarga untuk menjadi pribadi yang utuh dan tangguh secara pribadi untuk keluarga tercinta. Keluargalah sebagai pondasi dan dasar dari pembentukan karakter seorang pribadi yang paling pertama dan utama, untuk menemukan jati diri seorang pribadi yang sebenarnya. Sedangkan dari pihak sekolah bisa dikatakan sebagai fasilitator untuk pendidikan karakter seorang anak. Berdasarkan keprihatinan itulah kegiatan LKTD secara daring ini dirumuskan dengan tema “Mewujudkan Kepemimpinan Unggul Bersama Keluarga”, konsep dasar LKTD tahun ini juga hendak memformasi siswa untuk memiliki mempunyai semangat kepemimpinan yang bermutu, baik tangguh secara fisik, mental, maupun pikiran.

 

Pelaksanaan LKTD akan dilaksanakan secara daring selama 4 hari pada Hari Senin, 4 Oktober 2021  sampai dengan Jumat, 8 Oktober 2021. Peserta seluruh siswa kelas X Tahun Ajaran 2021-2022. Harapannya ketika semua proses pembinaan ini terlaksana, siswa dapat mempunyai semangat kepemimpinan yang utuh dan tangguh, yang dibangun berdasarkan kesadaran diri, ingenuitas, cinta kasih dan heroisme. Semangat kepemimpinan itu diharapkan tidak hanya sekedar menjadi sebuah “omongan”, tetapi menjadi cara hidup yang dihayati siswa secara konsisten.

 

Salah satu acara dapat disaksikan melalui :

https://www.youtube.com/watch?v=Fdl-XjzkUo4

 

(Panitia LKTD 2021)