Memahami Konteks Dunia Kerja Jaman Ini

Saat ini dunia tempat kita hidup disebut tengah memasuki revolusi industri 4.0. Dunia sedang berubah dengan cepat. Teknologi informasi memainkan peran begitu besar dalam hampir setiap askpek kehidupan. Di sisi lain, teknologi informasi secara masif telah mengubah peta dunia kerja. Banyak bidang-bidang profesi/pekerjaan akan punah, digantikan profesi/pekerjaan baru, meskipun ada juga bidang-bidang yang tetap akan bertahan.

SMA Kolese De Britto membekali para siswa kelas XI dan XII pengetahuan dan pemahaman tentang konteks jaman ini, supaya mereka mempunyai kesadaran akan perubahan yang sedang dan akan terjadi terus menerus di sekitar mereka. Kesadaran akan perubahan-perubahan ini menjadi penting terutama dalam kaitannya dengan pilihan-pilihan hidup di masa depan. Perubahan-perubahan itu harus masuk dalam kerangka pikir dan pertimbangan mereka, agar nantinya bisa memilih jalur studi dan profesi yang tepat untuk hidup mereka kelak, dengan mempertimbangkan juga hasil tes minat dan bakat.

Untuk itulah pada Jumat, 9 Agustus 2019 lalu, sekolah menghadirkan beberapa nara sumber dari bidang-bidang berbeda: Bapak Agoes W. Setiawan (orangtua murid – senior staff legal & stakeholder management PT Telkomsel), Bapak Budi Susanto (dosen Fakultas IT UKDW), Bapak Bambang Paningron JB 1983 (pelaku dan penggiat seni budaya), Bapak Letkol Dadang Sulistyo JB 1995 (TNI AU), dan Mayor Sus St. Anggoro Jati JB 2003 ( TNI AU).

Kegiatan pembekalan awal Orientasi Profesi dalam bentuk talk show tersebut dipandu oleh Bapak St. Kartono sebagai moderator.