“Kita lahir untuk melakukan hal-hal besar” Misa HUT SMA Kolese De Britto dan SMA Stella Duce 1

Sebagai puncak Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) SMA Kolese De Britto dan SMA Stella Duce 1 diadakan misa syukur bersama pada pada Jumat, 20 Agustus 2021. Misa dilaksanakan di Kapel Santo Johanes De Britto mulai pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh para guru dan karyawan, siswa-siswi, orang tua siswa, dan alumni-alumna  kedua sekolah secara streaming youtube.

 

Misa HUT SMA Kolese De Britto dan SMA Stella Duce 1 dipimpin oleh Pater Cyprianus Kuntara Adi, SJ. (Rektor/Ketua Yayasan De Britto) didampingi oleh Pater Nicolaus Devianto Fajar Trinugroho, SJ. (mantan Pamong SMA Kolese De Britto), Pater Vincentius Seno Hari Prakoso, SJ (Pastor Spiritual), Pater Managamtua Hery Berthus Simbolon, SJ. (mengajarkan fisika dan pendidikan nilai di SMA Kolese De Britto), serta para pastor yang baru saja ditahbiskan, yaitu Pater Hugo Bayu Hadibowo, S.J. (Pamong/Wakasek Kesiswaan), Pater Fransiskus Pieter Dolle, S.J., Pater Alfonsus Ardi Jatmiko, S.J., Pater Aluisius Dian Permana, S.J., Pater Evodius Sapto Jati Nugroho, S.J., Pater Philipus Bagus Widyawan, S.J., Pater Martinus Juprianto Bulu Toding, S.J., dan Pater Martinus Dam Febrianto, S.J.

 

Dalam pengantar misa, Pater Kuntara Adi, SJ mengajak para umat mensyukuri rahmat Tuhan karena masih merasakan persatuan di antara De Britto dan Stella Duce 1 yang sama-sama pernah dilahirkan dalam satu lembaga. Kelahiran De Britto dan Stella Duce dapat dimaknai seperti perkataan St Stannislaus Kostka (1550-1568) bahwa kita lahir untuk melakukan hal-hal besar (luhur) – “Ad Maiora Natius Sum”.

 

Pater Hugo, SJ dalam kotbahnya juga menyinggung semangat St Stanislaus Kotska, bahwa hal-hal yang besar sering kali diawali dari hal-hal sederhana. Begitu juga ketika beliau dan para imam menanggapi panggilan hidupnya pun diawali dari hal-hal sederhana. Selanjutnya para siswa-siswi ditantang untuk berani berbuat hal-hal kecil namun dengan semangat yang besar, misalnya bangun lebih pagi dan sudah siap ketika pelajaran akan dimulai.

 

Bapak FX. Catur Supatmono, M.Pd. selaku Kepala SMA Kolese De Britto dalam sambutannya  mengapresiasi kolaborasi siswa – siswi, sekalipun masih muda namun dapat melakukan kegiatan yang besar. Beliau mengajak kita untuk belajar dari kisah Greta Tintin Eleonora Ernman Thunberg (15 tahun) yang mampu menggerakan banyak orang berbuat hal-hal besar. Kerjasama/kolaborasi saat zaman ini sangat diperlukan.

 

Dengan jejaring memungkinkan banyak hal dapat dieksplorasi karena dapat menemukan hal-hal baru dan tiap orang dapat menyumbangkan ide besarnya tanpa harus menjadi orang besar. Semangat magis, tumbuh, bersyukur dan bersolidaritas dapat terwujud dengan baik ketika masing-masing dari kita dapat berkolaborasi untuk pengabdian kepada kepada masyarakat.

 

Suster.Yetty CB, S.Pd., MS. Ma-Ed selaku kepala SMA Stella Duce 1 dalam sambutannya juga mendukung adanya kerjasama yang lebih baik kedepannya dengan melakukan kegiatan baru. Siswa-siswi saat ini adalah generasi emas ketika Indonesia memperingati 100 tahun kemerdekaan. Maka sudah selayaknya para siswa-siswi untuk tidak takut mencoba hal-hal baru. Mungkin dengan hal-hal sederhana supaya jika terjadi kegagalan nanti risikonya juga kecil. Namun yang terpenting dengan kegagalan tersebut kita dapat mengetahui faktor atau alasan penyebabnya.

 

Beliau mengajak agar para siswa-siswi memiliki semangat kolaborasi. Dengan kolaborasi memungkinkan terjadi gesekan namun hal tersebut wajar dan justru akan mempertajam karakter kita. Karakter yang berkualitas menjadi bekal dalam melayani sesama.