“Kelas Inspirasi Mendidik” SMA Kolese De Britto

Pada mulanya “Kelas inspirasi Mendidik” digagas untuk menjadi salah satu program yang dapat membantu mewujudkan salah satu profil guru De Britto, yaitu organ institusi yang memiliki semangat menjadi bagian dari lembaga (sense of belonging) yang selalu memperbaharui diri agar tetap memiliki kemendalaman kompetensi di bidang akademis (intellectual depth), personal (personal maturity) dan spiritual (spiritual depth).

Kelas Inspirasi Mendidik diharapkan dapat menjadi ruang bagi para guru SMA Kolese De Britto untuk menggali inspirasi tentang praktik mendidik, menimba spirit mendidik, berbagi praktik baik pengajaran dan menjadi sarana bagi para guru untuk semakin menanggapi panggilan sebagai guru. Pun Kelas Inspirasi Mendidik menjadi ruang bagi para guru De Britto untuk dapat berbagi inspirasi tentang pengalaman pergulatan sebagai guru, menghidupi spirit sebagai pendidik, dan sharing praktik baik pengajaran yang dilakukan oleh guru SMA Kolese De Britto melalui ZOOMINAR, Podcast, dan/atau media lainnya.

Kelas Inspirasi mendidik seri #1 dilaksanakan pada tanggal 13 November 2020. Dan selanjutnya dilaksanakan pada hari Jumat minggu kedua setiap bulannya. Pada awalnya hanya dikhususkan untuk para guru intern De Britto. Namun tampaknya banyak para guru di sekolah lain yang tertarik dan berminat mengikuti zoominar ini. Setiap penyelenggaraan Kelas Inspirasi Mendidik diikuti oleh 60-70an peserta dan sebagian besar berasal dari banyak tempat di tanah air. Ada yang dari Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan Jawa dari ujung barat hingga ujung timur.

Para guru De Britto ditemani Pak St kartono secara bergantian berbagi pergulatan, permenungan, dan praktik baik mendidik dan mendampingi siswa. Kelas Inspirasi Mendidik pertama-tama menjadi ruang bagi guru untuk menilik kembali pengalaman mendidik dan mendampingi para siswa De Britto, merefleksikannya secara mendalam, mencecap makna, dan menemukan nilai dari pergulatan hidup sebagai guru. Kelas Inspirasi Mendidik menjadi kesempatan bagi guru untuk melatih diri mengkomunikasikan gagasan, hasil permenungan dan nilai-nilai kepada banyak orang. Sekaligus para guru memperoleh kesempatan untuk diteguhkan dan meneguhkan.

Pada bulan April 2021 Kelas Inspirasi mendidik memasuki seri#5. Zoominar akan dilaksanakan pada Jumat, 9 April 2021 pukul 13.30 s.d. 15.00 WIB dengan tema “Mengasah Karakter Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh”. Pemantik diskusi kita kali ini adalah Bu Dewi Fajarina, Fr Adi Bangkit S.J., dan tentu bersama dengan Pak St. Kartono. Mereka akan mensharingkan pengalaman masing-masing terkait dengan bagaimana mengasah karakter siswa dalam pembelajaran daring selama masa pandemi Covid 19 ini.