Bincang-Bincang Beasiswa Bersama Alumni

Jumat, 9 April 2021 yang lalu, SMA Kolese De Britto menyelenggarakan acara bincang-bincang seputar beasiswa secara daring. Narasumber yang diundang untuk membagikan pengalaman dan wawasan tentang beasiswa adalah Mas Samiaji Sarosa, alumnus tahun 1994, yang sekarang mengajar di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Sekolah mengadakan acara ini untuk murid kelas XI dan XII supaya mereka mempunyai bekal pengetahuan yang memadai untuk mencari dan mendapatkan beasiswa.

Dalam acara tersebut dijelaskan mengenai peluang-peluang beasiswa, prosedur, syarat-syarat, hal-hal yang perlu diperhatikan, dan kiat-kiat praktis untuk memperoleh beasiswa. Cukup banyak kesempatan untuk memperoleh beasiswa studi, meskipun sebagian besar untuk program pasca sarjana dan doktoral. Yang perlu dicermati adalah tahap pertama seleksi beasiswa berupa syarat administrasi. Ketidakcermatan di tahap ini bisa membuat calon penerima tersingkir dari barisan.

Acara bincang-bincang beasiswa ini disusul dengan pengenalan Perkumpulan Alumni SMA Kolese De Britto. Pengenalan perkumpulan alumni adalah bentuk ajakan kepada siswa kelas XII untuk terlibat dalam Perkumpulan Alumni dan membangun jejaring dengan belasan ribu alumni SMA Kolese De Britto. Mas Handoko Wignjowargo mengawali pengenalan Perkumpulan Alumni  dengan menjelaskan struktur kepengurusan perkumpulan, disusul oleh para pengurus yang menjelaskan bagian masing-masing menyangkut tugas dan tanggungjawab.

Kurang lebih 70 orang hadir dalam acara tersebut. Meskipun bincang-bincang beasiswa ditujukan untuk kelas XI dan XI, ada cukup banyak orang tua ikut serta hadir memberi dukungan. Keterlibatan orang tua dalam dinamika sekolah memang layak diacungi jempol. Keterlibatan orang tua menunjukkan dukungan penuh orang tua terhadap sekolah.