“Berani Mengambil Keputusan” Retret Siswa Kelas XII SMA Kolese De Britto 17-20 Januari 2022

Vacation with the Lord merupakan program pengolahan diri yang selama ini sering disebut dengan istilah rekoleksi/retret/pendampingan motivasi, dan lain-lain. Program ini disusun berdasarkan dinamika Latihan Rohani Minggu Pertama dan Kedua menurut petunjuk LR. 19 (Latihan Rohani dalam hidup sehari-hari). LR. 19 memberikan petunjuk latihan-latihan mandiri lebih diutamakan daripada latihan-latihan terbimbing. Hal ini mengingat catatan LR.15 bahwa kita diajak percaya sebagaimana St. Ignasius percaya bahwa Allah, Sang Pencipta, langsung bekerja dalam diri setiap ciptaanNya. Allah-lah pembimbing utama dan terutama dalam pengolahan diri ini. Oleh karena itu, kunci keberhasilan Vacation with the Lord terletak pada keterbukaan hati dan komitmen pribadi peserta.

 

Seluruh proses formatio yang telah dilaksanakan untuk Kelas XII SMA Kolese De Britto tahun ajaran 2021/2022 sebentar lagi akan berakhir. Salah satu program yang diadakan adalah retret. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak siswa-siswa kelas XII mensyukuri proses formatio selama ini, sekaligus merefleksikan dalam suasana doa setiap pergulatan yang telah dialami selama proses berlangsung untuk dapat menemukan Allah dalam segala hal. Untuk memaknai dinamika kehidupan yang telah dilalui oleh siswa-siswa SMA Kolese De Britto ini, maka harus ada sesuatu yang bisa merangkum dari semua pergulatan pengalaman hidup tersebut, retret / Vacation with the Lord merupakan jawaban dan pilihan yang tepat untuk merefleksikan sebagai pijakan untuk melangkah kedepan.

 

Dengan melihat perkembangan kondisi pandemi yang mulai terkendali dan proses vaksinasi sudah mencapai target  maka retret siswa kelas XII tahun 2022 diadakan secara offline/luring. Dengan mengedepankan protokol kesehatan secara ketat masing-masing kelas tersebar ke sembilan  rumah retret dengan didampingi wali kelas dan satu pastor / frater sebagai narasumber. Tim CM juga tetap memberikan wadah kepada siswa yang tidak dapat mengikuti retret secara luring, yakni dengan melaksanakan retret daring dan akan didampingi oleh tim dari Rumah Retret Civita, Tangerang.

 

Para pembimbing retret: Pater Managamtua Hery Berthus Simbolon, SJ.,  Pater Aluisius Dian Permana, SJ, Pater Agustinus Budi Nugroho, SJ., Pater Bernardus Agus Rukiyanto, SJ., Pater Sapto, SJ.,  Fr. Yohanes Harry Kristanto, SJ., Fr. Antonius Siwi D., SJ., Fr. Agustinus Daryanto, SJ., Fr. Antonius Bagas Prasetya Adi Nugraha, SJ., Fr. Vincentius Doni Erlangga Satriawan, SJ., Fr. Yulius Suroso, SJ., Fr. Willy Suhendra, SJ., dan Ollyn Yarman Zebua.

 

Rumah Retret: RR. Pangesti Wening Ambarawa, RR. KSED Bandungan , RR. Pangesti Wening Ambarawa, RR. Wisma Pojok Yogyakarta, RR. Rawa Seneng Parakan, RR. PBHK Parakan Temanggung, RR. Paseban Semarang, RR. Sanjaya, Muntilan, RR. Griya Asisi Bandungan dan secara Luring