3 Bulan Pertama Menjadi “Cah JB”: Apa Kata Kelas X?

Kelas X tahun ajaran 2020/2021 adalah angkatan istimewa. Mereka sama sekali belum pernah bertemu secara fisik dengan guru maupun teman-teman sekelas mereka akibat pandemi. Ini adalah apa yang mereka katakan mengenai 3 bulan pertama studi di De Britto secara daring:

Hampir 3 bulan saya menerima pendidikan di SMA Kolese De Britto. Dalam 3 bulan ini banyak sekali hal yang telah saya pelajari. Saya belajar menjadi seorang “Man for Others“. Selama pembelajaran daring ini banyak suka duka yang saya alami. Saya bisa mengenal teman baru dan guru baru walaupun secara daring. Suka karena bisa berkreasi dengan menyumbangkan ide saat proses KBM. Di JB banyak tugas yang diberikan, tetapi saya tidak menjadikan hal tersebut sebagai beban. Saya jadikan itu sebagai proses saya dalam menjadi seorang yang memiliki karakter. Seorang pemimpin pengabdi yang dapat menuangkan pikiran dan tenaganya bagi Tuhan dan bangsa. Sekolah di JB tidak akan membuatmu pusing, jika semuanya dilakukan dengan sepenuh hati dan demi kemuliaan Tuhan yang lebih besar. (Dominikus Raja Savio)

Selama 3 bulan saya bersekolah di De Britto, saya sudah mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pelajaran berharga. Saya dilatih untuk bisa kuat dalam menghadapi berbagai tekanan. De Britto membuat saya percaya bahwa sebenarnya saya bisa memiliki potensi lebih besar yang bisa dikembangkan. Dengan mendalami nilai 5C+1L, saya bisa menghadapi semua itu. Selama 3 bulan ini, awalnya saya tidak kuat dengan tugas yang diberikan. Maklum, saat SMP saya masih sering santai-santai dan bermalas malasan. Namun seiring waktu saya bisa menyesuaikan dan mulai terbiasa. (Keenan Putra)

Menurut saya, sekolah di SMA JB walaupun dalam masa pembelajaran daring ini sebenarnya cukup menyenangkan. Kita tetap bisa bertemu dengan teman-teman baru, guru baru, serta beradaptasi dengan keadaan baru. Namun, kalau mau sekolah di JB harus siap dengan PR-nya karena mungkin jumlahnya lebih banyak dari di SMP. Belajar daring juga harus lebih serius karena metode pembelajarannya tidak seperti pembelajaran luring. Intinya kalau mau sekolah di JB, harus berkomitmen untuk rajin belajar dan mengurangi waktu santai-santai. (Theo)

Jadi selama 3 bulan saya sudah bersekolah di JB tentu sudah banyak suka dan duka yang saya alami. Suka yang saya rasa saya alami di JB itu kita sangat terlibat aktif, bisa bertemu dengan teman teman dan juga guru guru, dan terlebih karena kita sekarang pembelajaran online sukanya itu meskipun tidak bisa bertemu dengan teman tapi kita sudah dapat mengenal satu dengan yang lain dan bisa menambah pengalaman baru juga. Dan tentu ada dukanya juga, dukanya itu ya kita tidak bisa bertemu dengan yang lain secara tatap muka. Dan perlu diingat jika bersekolah di JB ini kita belajar untuk mengembangkan potensi yang ada didalam diri kita, jadi tentu bukan hanya sekedar main-main. (Gabriel Patria)