Indonesia English | Home | Forum | Konsultansi | Hubungi Kami | Direktori | Webmail | Login



SMA KOLESE
DE BRITTO
Intelligent,Creative,Self-Fulfilled
Jl Laksda Adisucipto No. 161 YOGYAKARTA, INDONESIA 55281
Telp. (0274) 518667
Fax (0274) 547606


Pendampingan Akademik

A. PELAJARAN TAMBAHAN
 
Pelajaran tambahan diberikan kepada siswa yang memperoleh nilai kurang memenuhi standar pada mata pelajaran tertentu. Pelajaran tambahan juga diberikan kepada siswa yang telah mencapai batas standar, sebagai pengayaan. Pelajaran tambahan dilaksanakan di luar  jam sekolah di bawah koordinasi wakil kepala sekolah urusan kurikulum dan persetujuan guru pengampu.
 
Untuk siswa kelas XII, pelajaran tambahan wajib diikuti oleh siswa yang memperoleh nilai batas ketuntasan minimal atau lebih dua poin di atas batas tuntas minimal, berdasar hasil belajar semester 4. Pelajaran tambahan ini dilaksanakan secara berkelanjutan setiap hari Rabu, Kamis, dan Jumat. Jadwal pelaksanaan pelajaran tambahan untuk kelas XII akan diatur tersendiri.
 
B. KARYA ILMIAH
 
Setiap siswa kelas XI diwajibkan menulis karya ilmiah secara perorangan.
 
Tujuan penulisan karya ilmiah adalah:
1. Melatih siswa untuk terbiasa berpikir ilmiah: mengolah pikiran-pikiran/ide-idenya dan menuangkannya ke dalam bentuk tulisan yang berstruktur dan bersifat ilmiah
2. Menumbuhkan budaya membaca buku-buku pengetahuan pada diri siswa

Ketentuan yang perlu diperhatikan siswa dalam menulis karya ilmiah:
1. Penelitian yang dilakukan siswa harus berupa penelitian lapangan.
2. Siswa bebas memilih/mencari topik tertentu dari suatu mata pelajaran yang diminatinya.
3. Selama proses penulisan, siswa dibimbing oleh seorang guru.
4. Karya ilmiah dibuat dalam waktu maksimal 5 bulan dan dimulai pada tanggal 16 Juli.
5. Pada bagian akhir proses penulisan karya ilmiah, para siswa akan mengikuti tes lisan sebagai bentuk pertanggungjawaban akademis hasil karya ilmiahnya.
6. Nilai karya ilmiah kelas XI menjadi bagian penilaian tersendiri dan kepada siswa diberikan sertifikat.
 
C. FORUM OLAH PIKIR 
 
Forum Olah Pikir (FOP) merupakan wahana bagi siswa untuk menumbuhkan kebiasaan membaca, memahami, dan menginterpretasikan buku bacaan dalam bentuk resensi, yang dipresentasikan di depan forum siswa. Objek resensi bagi siswa kelas X dan kelas XII berupa buku bacaan umum, sedangkan bagi siswa kelas XI berupa karya ilmiah yang dibuat sendiri.
 
D. STUDIUM GENERALE
 
Dalam studium generale guru mempresentasikan hasil refleksinya tentang pengalaman mengajar di SMA Kolese De Britto terkait dengan bidang keilmuan yang diajarkan, di depan seluruh siswa. Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat mengembangkan cara berpikir akademik secara santun dan menumbuhkan budaya akademik di komunitas SMA Kolese De Britto. Melalui kegiatan ini para siswa diberi kesempatan untuk mengenali dasar-dasar akademis yang dibutuhkan untuk berproses di SMA Kolese De Britto. Kegiatan ini diselenggarakan pada awal semester genap.
 
E. STUDI EKSKURSI
 
Studi ekskursi merupakan bagian yang utuh dan menyeluruh dari proses pendidikan di SMA Kolese De Britto. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengalaman belajar dan mengembangkan diri dari sisi afeksi, apresiasi, dan empati dalam rangka proses adaptasi dengan masyarakat sebagai arah pembinaan kelas X. Kegiatan ini dapat berupa pengamatan dan interaksi sosial. Objek studi ekskursi adalah lingkungan formal dan lingkungan non formal dalam masyarakat.
 
F. LIVE-IN PROFESI
 
Pengalaman nyata adalah bagian penting dari proses pendidikan di SMA Kolese De Britto. Live-in profesi diselenggarakan dengan tujuan memberikan pengalaman nyata terkait pilihan-pilihan studi di perguruan tinggi. Dengan kegiatan ini siswa bisa melihat dan mengalami secara langsung kaitan antara jurusan pilihan di perguruan tinggi dengan profesi yang mungkin kelak akan digeluti siswa.
 
Live-in profresi wajib diikuti oleh siswa kelas XII dan berlangsung selama 3 (tiga) hari. Siswa peserta live-in profesi akan tinggal bersama keluarga yang berprofesi sesuai dan relevan dengan jurusan perguruan tinggi yang dipilih siswa. Selama live-in profesi, siswa melakukan observasi, wawancara, dan pencatatan sebagai upaya untuk mendapatkan pemahaman yang utuh mengenai profesi bersangkutan.
 
G. EDUCATION FAIR
 
Salah satu tujuan penting pendidikan di SMA Kolese De Britto adalah mendampingi siswa supaya kelak mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, baik ke perguruan tinggi negeri maupun swasta, dalam maupun luar negeri. Untuk mendukung tujuan ini, sekolah menyelenggarakan Education Fair, yang menghadirkan perguruan-perguruan tinggi negeri dan swasta, dalam dan luar negeri. Melalui kegiatan ini, siswa dapat memperoleh informasi yang jelas dan akurat tentang seluk beluk jurusan-jurusan di perguruan tinggi, yang akan membantu siswa menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan minat dan bakat mereka. Kegiatan ini ditangani oleh kepanitiaan khusus yang melibatkan guru dan siswa di bawah koordinasi tim kerja humas. Sejauh dibutuhkan, penyelenggaraan Education Fair dapat bekerja sama dengan kolese lain.
 
H. SEMINAR JURUSAN
 
Seminar jurusan diselenggarakan sekolah untuk membekali siswa kelas XI dalam berbagai bidang, termasuk ilmu alam terapan, ilmu sosial terapan, dan kebahasaan. Seminar dilaksanakan supaya siswa mampu melihat hubungan antara jurusan yang mereka geluti di sekolah dengan prospek jurusan di perguruan tinggi dan bidang pekerjaan yang relevan. Kegiatan ini juga membantu siswa untuk memantapkan konsep pemahaman terkait bidang-bidang studi di jurusan, menambah wawasan tentang penerapan bidang ilmu yang digeluti selama ini.
 
I. PENERIMAAN RAPOR
 
Rapor sebagai laporan hasil studi selama mengikuti proses belajar di sekolah untuk periode tertentu diterimakan secara pribadi dan tidak boleh diwakilkan, setelah semua persyaratan pengmabilan rapor terpenuhi. Rapor siswa akan diberikan pada pertengahan dan akhir semester.

pengumuman  jogja sumber berita  atmajaya  psb1718  
Copyright © 2009. SMA Kolese de Britto. Website dikembangkan oleh Citraweb Nusa Infomedia.