Indonesia English | Home | Forum | Konsultansi | Hubungi Kami | Direktori | Webmail | Login



SMA KOLESE
DE BRITTO
Intelligent,Creative,Self-Fulfilled
Jl Laksda Adisucipto No. 161 YOGYAKARTA, INDONESIA 55281
Telp. (0274) 518667
Fax (0274) 547606


Berita Kampus

Senin, 7 Mei 2018
Menjaga Harmoni dengan Alam

Dalam rangka Lustrum XIV, SMA Kolese De Britto Yogyakarta menyelenggarakan Bakti Sosial Penanaman Bibit Pohon. Kegiatan penanaman bibit pohon dilaksanakan pada hari Minggu, 29 April 2019 di dua lokasi, yaitu di daerah aliran sungai (DAS) Opak tepatnya di Bumi Perkemahan dan Wanadesa "Sri Opak" Dusun Nangsri, Desa Sihardono, Kecamatan Pundong, Bantul dan Hutan Mangrove, Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam kegiatan bakti sosial penanaman bibit pohon ini, SMA Kolese De Britto bekerja sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu, Opak, Progo (BPDASHL SOP) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementrian LHK). SMA Kolese De Britto juga menjalin kerjasama dengan pemerintah desa Srihardono. Selain itu, kegiatan ini juga bekerja sama dengan Seksi Konservasi Keluarga Pemuda Pemudi Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Sebanyak 4260 bibit pohon yang terdiri dari bibit pohon jati, mahoni, jambu biji, sirsak, nangka dan juga ratusan bibit pohon mangrove ditanam di dua lokasi tersebut. Kegiatan ini melibatkan lebih dari seratusan orang yang meliputi siswa, guru, karyawan, dan alumni SMA Kolese De Britto yang dikomandai oleh Bapak Aprin Sugeng Jatmiko.  

Di Lokasi Bumi Perkemahan dan Wanadesa "Sri Opak" Dusun Nangsri, Desa Sihardono, Kecamatan Pundong, Bantul bibit pohon yang ditanam terdiri dari 1000 pohon jati, 1000 pohon mahoni, 100 pohon sirsak, 25 pohon jambu biji 25,dan 10 pohon nangka. Hadir pada kegiatan ini kepala desa Srihardono bapak H. Nur Iksanto, bapak kepala dusun Nangsri bapak Jawadi, perwakilan dari BPDASHL SOP ibu Asih Yunani, kepala sekolah SMA Kolese De Britto Bapak Ag Prih Adiartanto, Presiden Alumni De Britto Bapak Tony Prasetyantono, warga dan para pemuda dusun Nangsri, siswa, guru dan segenap alumni SMA Kolese De Britto.

Dalam sambutannya kepala sekolah SMA Kolese De Britto menyampaikan bahwa kegiatan penanaman bibit pohon merupakan bagian dari kegiatan lustrum XIV atau 70 tahun SMA Kolese De Britto yang mengambil tema “Harmoni dalam Keberagaman”. Penanaman bibit pohon merupakan upaya seluruh civitas SMA Kolese De Britto untuk menjaga harmoni dengan alam. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya melestarikan lingkungan. Pada kesempatan yang sama Ibu Asih Yunani dari BPDASHL SOP mengungapkan pentingnya mengajak kaum muda untuk peduli dengan lingkungan, salah satunya melalui kegiatan penanaman bibit pohon seperti yang dilakukan oleh para siswa SMA Kolese De Britto. Beliau juga mengajak  para siswa untuk terlibat dalam gerakan satu siswa menanam satu pohon, bahkan kalau bisa lima pohon. Dengan gerakan ini, maka siswa diajak untuk terlibat dan peduli akan kelestarian lingkungan.

Pada kesempatan ini kepala sekolah, presiden alumni, kepala desa, dan perwakilan dari BPDASHL SOP mengawali penanaman bibit pohon secara simbolis. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh para siswa, guru, karyawan, dan alumni SMA Kolese De Britto bersama-sama dengan warga, pemuda di dusun Nangsri.

Sementara itu di lokasi Hutan Mangrove, Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, sebanyak 500 bibit pohon jati, 500 bibit pohon mahoni, 100 bibit pohon sirsak, 25 bibit pohon jambu biji, 10 bibit pohon nangka, dan sekitar 150 bibit Mangrove ditanam di lokasi ini. Dalam kesempatan ini para siswa, guru dan karyawan SMA Kolese De Britto mendapat kesempatan untuk belajar bagaimana menanam mangrove dari seksi Konservasi Keluarga Pemuda Pemudi Baros, Tirtohargo, Kretek, Bantul. Setelah itu para siswa dibawah arahan Dwi Ratmanto bersama-sama menuju ke lokasi penanaman bibit pohon mangrove. Kegiatan penanaman bibit pohon dan mangrove berakhir pada pukul 15.00 WIB.

Kegiatan penanaman bibit pohon serupa masih akan dilaksanakan dalam satu minggu ke depan. Seribu pohon yang terdiri dari 500 bibit pohon jati, dan 500 bibit pohon mahoni akan ditanam di  kawasan tepi Sungai Gajahwong di Padukuhan Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman. Bibit pohon akan diserahkan melalui Kepala Dukuh Padukuhan Papringan.

Kegiatan bakti sosial penanaman pohon ini merupakan upaya para civitas De Britto untuk hidup dalam harmoni dengan alam. Kegiatan ini sekaligus juga merupakan perwujudan konkrit dari semangat man for/with others yang terus dihidupi oleh seluruh civitas De Britto. Semoga lewat menanam bibit pohon ini alam semesta dimuliakan dan dengan begitu Allah juga semakin dimuliakan. AMDG. (HJS)




 versi cetak       kirim ke teman



GO TO INDEX BERITA KAMPUS
info psb1920  
Copyright © 2009. SMA Kolese de Britto. Website dikembangkan oleh Citraweb Nusa Infomedia.