Indonesia English | Home | Forum | Konsultansi | Hubungi Kami | Direktori | Webmail | Login



SMA KOLESE
DE BRITTO
Intelligent,Creative,Self-Fulfilled
Jl Laksda Adisucipto No. 161 YOGYAKARTA, INDONESIA 55281
Telp. (0274) 518667
Fax (0274) 547606


Berita Kampus

Kamis, 14 Februari 2013
PESTA NAMA PELINDUNG SEKOLAH DAN PAMERAN STUDI EKSKURSI

Dalam rangka pesta nama Pelindung SMA Kolese De Britto, Senin 04 Fabruari 2013 diadakan misa konselebrasi, yang diikuti oleh seluruh guru karyawan, pengurus yayasan, alumni, dan para keluarga pensiunan.
Sebagai selebran utama adalah Rm. A. Gustawan, SJ (Rektor dan ketua yayasan),  dan para selebran Rm. Yohanes "John" Nugroho, SJ (Pamong/Wakasek Urs. kesiswaan) dan Rm Robert Rimmin, SJ (Guru Pendidikan Nilai).
 
 
Rm Gustawan meminta perwakilan tingkat untuk membagikan pengalamannya selama kegiatan sepekan. Menurut wakil kelas X, studi eksursi dapat melatih otak kanan, sebagai lelaki dalam bekerja tidak selalu menggunakan otot tetapi juga perasaan/ seni/keindahan.  Menurut wakil XI, live in mengajarkan seseorang harus tahan terhadap tekanan (lingkungan kotor) dan kerja keras melalui kegiatan memulung sampah. Untuk mendapatkan uang perlu usaha keras. Menurut wakil kelas XII, retret mengajarkan seseorang dalam keadaan apapun harus mengandalkan kekuatan Tuhan.  
 
Rm Gustawan menegaskan bahwa untuk studi ekskursi mengajaran bahwa segala materi dapat dikelola menjadikan barang indah, harapannya dunia juga semakin indah. Live in mengajarkan ketika siswa  masuk pada keluarga perlu ada komunikasi yang baik. Siswa terbukti diberi keleluasaan / kebebasan dalam bekerja. kita perlu belajar pada keluarga yang sederhasna yang tetap memberi "kebebasan" pada "anaknya". Retret / gladi rohani mengajarkan sesorang pada "saat batas" / tapal batas, orang akan bertemu dengan Yang Tak Terbatas. Harapannya orang semakin dapat berkomunikasi dengan Yang Tak Terbatas itu.
 
Ditegaskan pula bahwa kehidupan John De Britto saat kecilnya adalah manusia yang kecil dan sakit-sakitan (kondisi terbatas), dalam kondisi yang terbatas ini ia tetap memiliki cita-cita memasuki wilayah Yang Tak Terbatas.
 
Liturgi misa pesta nama ini semakin meriah dengan memasukkan hasil kegiatan studi ekskursi. misalnya saat bacaan pertama dan lagu antar bacaan dengan cara dinyanyikan / tembang mocopat. Saat liturgi persembahan ditampilkan juga tarian persembahan oleh siswa kelas X. Musik pengiring selain koor dengan iringan keyboard juga bergantian dengan karawitan hasil latihan selama studi ekskursi.  

Di akhir misa, ada acara pembukaan pameran hasil studi ekskursi bertempat di lapangan futsal selama dua hari.
 
 
Miniatur pesawat   
 

fotografi


Sangkar burung
 

Kerajinan tempurung (bathok) kelapa
 

Batik
 

Kerajinan hiasan kayu bekas bantalan rel kereta api


Kerajinan wayang kulit
 

lukisan

Topeng kayu
 

Patung asmat
 

Kerajinan bambu
 
 

Gerabah

Lukisan wayang
 

Jurnalistik
 
 
ATBM enceng gondok





 versi cetak       kirim ke teman



GO TO INDEX BERITA KAMPUS
daftraulang 2  va  cad2  
Copyright © 2009. SMA Kolese de Britto. Website dikembangkan oleh Citraweb Nusa Infomedia.