Indonesia English | Home | Forum | Konsultansi | Hubungi Kami | Direktori | Webmail | Login



SMA KOLESE
DE BRITTO
Intelligent,Creative,Self-Fulfilled
Jl Laksda Adisucipto No. 161 YOGYAKARTA, INDONESIA 55281
Telp. (0274) 518667
Fax (0274) 547606


Berita Kampus

Senin, 14 Januari 2013
STUDIUM GENERALE :

Mengawali pelajaran semester 2, setelah seluruh civitas akademika menikmati liburan, SMA Kolese De Britto mengadakan misa natal dan dilanjutkan dengan kegiatan studium generale pada Hari Senin, 07 Januari 2013..

Studium generale kali ini mengangkat tema : "Mengasah hati, dengan Berbagi". Pembicara tediri dari :  Bpk Ignatius Agus Yulianto, S.Pd., M.Pd, (guru De Britto sejak 1996) ,   Dokter Antonius Sri Widayanto, Sp.O.G (Alumni 1973) dan Bpk Ir. Y. Sumaryanto Martosudarmo, M.Sc., Ph.D. (alumni 1979) . Dalam studium generale, sesuai dengan tema yang ada, masing-masing pembicara membagikan pengalaman hidupnya yang penuh tantangan, terutama pilihan-pilihan yang terkait dengan nilai hidup. 
 
Bapak Agus Yulianto menyampaikan berberapa hal yang terkait dengan masa kuliah paham dengan bahan-bahan berbahaya / peledak. Dalam godaannya bahan-bahan peledak dapat digunakan untuk tindakan kejahatan.
Sebagai seorang guru yang selalu memiliki tugas pendidik tertantang untuk meningkatkan pelayanan dengan mengambil studi jenjang S2. Sekama menapaki studi S2 jurusan magister pendidikan sains,UNY beliau tidak lepas dari permasalahn keluarga (anak, istri, orangtua) yang membutuhkan perhatian. Dalam keadaan yang serba tidak mudah, beliau menemukan refleksi "jangan pernah mendikte Allahmu". Sebagai seorang yang berkecimpung di bidang IPA /sains, beliau berupaya mengajak siswa untuk menemukan pemecahan masalah dengan logika/nalar sehingga hasilnya dapat dipertanggungkan secara ilmiah.
Dalam seluruh perjalanan hidupnya beliau berupaya untuk memberi keteladanan, kerelaan/kemauan, mengasah hati dan berbagi.

Dr. Sri Widayanto, Sp.O.G adalah seorang dokter ahli kebidanan dan kandungan di RS Pantiapih.dalam sharing pengalamannya beliau sering dihadapkan pada teknologi kedokteran yang semakin canggih. Teknologi kedokteran yang canggih tidak lepas dari tantangan dalam mematuhi etika kedokteran. Ada upaya manusia membuat manusia, yaitu upaya menyatukan sel telur dan sel sperma ditempatkan pada rahim buatan. Anehnya rahim buatan yang "hampir sama" dengan rahim manusia, tidak mampu menumbuhkan janin. Nilai yang dapat dipetik bahwa dalam proses terjadinya manusia harus ada campur tangan Tuhan.
 
Bapak Y. Sumaryanto Martosudarmo yang dikenal dengan nama Mas "Pokiel" adalah presiden Alumni De Britto membagikan pengalaman sejak jaman SMA sampai saat ini. Jaman SMA belaiu merasa hidupnya kekurangan, namun berangkat dari kekurangan itu baliau tidak mudah patah semangat untuk maju, integritasnya sebagai warga negara yang mendapatkan beasiswa dari pemerintah RI teruji saat ditawari pekerjaan di Amerika juga teruji. Belaiu tetap kembali ke Indonesia menjadi PNS di lingkungan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) 

Sebagai seorang lulusan teknik, beliau merasa bahwa dalam menapaki karier, seringkali ilmu teknik hanya mendapatrkan porsi 10% dan 90% dari proses belajar banyak hal (soft skill). Belau juga memotivasi untuk belajar sungguh-sungguh karena terbukti banyak pemimpin perusahaan besar saat ini dipimpin oleh alumni De Britto yang telah merasakan nilai-nilai kebebasan.
 
Beliau tidak lupa menyampaikan bahwa dalam hidup haruslah ada keseimbangan. Keseimbangan itu antara lain memperhatikan keluarga, kesehatan, keuangan, spiritual, mental dan sosial. Menjadi orang biasa-biasa pada jaman ini, paling lama bertahan 5 tahun, setelah itu akan tenggelam. jika tanpa nilai plus.
 
Kesuksesan adalah perjalanan, bukan tujuan. Untuk memulai sukses dibutuhkan tujuan yang jelas. Tanpa tujuan jelas, tidak akan memunculkan motivasi. Sukses adalah kebiasaan sehari-hari, yang dilakukan sehari-hari.
 
Perlu tiap orang memiliki GOLDEN MINDSET : melayani, memberi, melayani. Menganggap tidak ada persaingan dalam hidup ini. Jika kita mendapakan rangking pertama, maka bukan berarti mengalahkan orang lain. orang lain adalah urusan orang lain.
 
Jabatan beliau saat ini:
1. Partner dan direktur teknologi dan komersial Anugrah Group Internasional (Tambang Batubara dan emas).
2. Direktur utama PT Desa Muda (Perusahaan Perhotelan di Bali).
3. Direktur industri pertambangan PT. Copnet Indonesia (software dan Hardware)
4. Tim inti Golden Life Institute (program pembinaan karater dan investasi)
 
Minat Pribadi : leadership, entrepreneurship, inter-personal skill, hobby : membaca, bermain musik,olahraga.
 
 
 
 

 


 versi cetak       kirim ke teman



GO TO INDEX BERITA KAMPUS
PSB 2015-2016  alur psb 2015-2016  
Copyright © 2009. SMA Kolese de Britto. Website dikembangkan oleh Citraweb Nusa Infomedia.